Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses
belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan
pembelajaran.
Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses dan sistem dalam
belajar dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem lain yang
digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.
Definisi Teknologi Pendidikan
- Cara yang sistematis dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi
seluruh proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang
spesifik, berdasarkan penelitian terhadap pembelajaran dan komunikasi
antar manusia, dan mendayagunakan kombinasi sumber daya manusia dan
non-manusia untuk lebih mengefektifkannya.
- Bidang yang memfasilitasi kegiatan belajar manusia melalui
identifikasi, pengembangan, organisasi, dan pemanfaatan yang sistematik
terhadap cakupan sumber pembelajaran yang luas melalui manajemen
proses-proses tersebut.
- Penelitian dan aplikasi terhadap ilmu perilaku dan teori
pembelajaran, dan penggunaan pendekatan sistem untuk menganalisis,
mendesain, mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, dan mengatur
penggunaan teknologi untuk membantu menyelesaikan masalah pembelajaran.
Istilah teknologi instruksional seringkali bertukar tempat dengan
istilah teknologi pendidikan, namun teknologi instruksional lebih
menekankan pada pendekatan ilmiah dan sistematis terhadap penyelesaian
masalah instruksional, dan teknologi pendidikan fokus kepada penggunaan
dan pendayagunaan seni dan teknologi untuk mendukung pembelajaran.
- Studi terhadap penerapan etis dari memfasilitasi kegiatan
pembelajaran dan meningkatkan performa dengan membuat, menggunakan, dan
memanajemen proses dan sumber daya teknologi yang tepat.
Berdasarkan definisi-definisi di atas menurut Ir. Lilik Gani HA dapat disimpulkan bahwa:
- Teknologi pendidikan/teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin/bidang (field of study)
- Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah (1) untuk memecahkan
masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (2) untuk
meningkatkan kinerja
- Teknologi pendidikan/pembelajaran menggunakan pendekatan sistem
(pendekatan yang holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat
parsial).
- Kawasan teknologi pendidikan dapat meliputi kegiatan analisis,
desain, pengembangan, pemanfaatan,pengelolaan, implementasi dan evaluasi
baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
- Yang dimaksud dengan teknologi dalam teknologi pendidikan adalah teknologi dalam arti luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech), tapi juga teknologi lunak (softtech)
- Teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi
meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk
menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola
pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia
Referensi
- Richey, R.C. (2008). Reflections on the 2008 AECT Definitions of the Field. TechTrends. 52 24-25
- Commission on Instructional Technology. 1970.
- AECT, 1972
- AECT, 2004.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar